Renamon - Digimon Daigaku no Peeji: Tutorial Tags HTML Sederhana

Kamis, 26 Maret 2015

Tutorial Tags HTML Sederhana

Halo, selamat malam (iyes selamat malam, dan bahkan nyaris pagi). Hari ini saya akan berbagi ilmu mengenai penggunaan Tags pada HTML. Karena ini tutorial pertama saya, maka saya akan memulainya dengan tags sederhana yang saya rasa mudah untuk langsung dipraktekkan. Kalau begitu langsung saja kita mulai!! Oh ya, disini saya menggunakan Dreamweaver CS4 Portable untuk membuat tutorial ini. Dan sepertinya saya tidak perlu memberitahu langkah dari awal untuk menjalankan Dreamweavernya, tehee.


Agak buram yah? Tolong dimaklumi, saya membuatnya dengan agak terburu-buru. :))
Langsung saja, gambar diatas adalah hasil laman HTML yang sudah dijalankan pada perambah web. Kita pecah satu persatu Tags yang digunakan ya :))

Jika kita lihat, pada gambar diatas saya menggunakan 3 paragraf, Gunakan Tags <p>..............</p> untuk setiap paragraf <p> diletakkan di awal paragraf dan </p> diletakkan di akhir paragraf.

Tags yang digunakan pada tulisan BIODATA adalah Tags Heading yang dikombinasikan dengan perataan rata tengah. Yang saya tuliskan pada bagian code adalah <h1 style="text-align:center"> ........</h1> dimana h1 menyatakan Heading dan text-align:center menyatakan rata tengah.

Pada tulisan nama saya, Bhawika Nandiwardhana, gunakan Tags Bold untuk mempertebal tulisan, penggunaannya pun sangat mudah, cukup menambahkan Tags <b>..............</b> dimana b berarti Bold.

Untuk tulisan jenjang pendidikan, gunakan Tags Italic untuk memiringkan tulisan, sama seperti Bold, penggunaan Italic pun mudah yaitu dengan Tags <i>..............</i>.

Pada paragraf tiga saya menggunakan jenis huruf berbeda, yaitu Courier, dan Tags ini diberlakukan untuk satu paragraf, penggunaan Tagsnya sebagai berikut <p style="font-family:courier">..............</p>.

Untuk kalimat "Ubahlah dirimu sendiri sebelum kamu merubah dunia" gunakan Tags Quote, dengan cara menambahkan <q>..............</q>.

Dan yang terakhir, untuk kalimat "Bunuh semua raksasa itu!" (haha), gunakan Tags kombinasi antara Quote dengan Strikethrough dengan cara berikut.<q><s>..............</s></q>.

Mudah bukan? Untuk penggunaan Underline pun cukup dengan Tags <u>..............</u>, meskipun saya tidak menggunakan Tags itu untuk Tutorial ini :)).

Demikian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca :)).


Referensi:
http://www.w3schools.com/html/html_examples.asp
http://restatimur.blogspot.com/2015/03/cara-membuat-biografi-mengunakan-bahasa.html
http://www.htmlcodetutorial.com/_STRIKE.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar