Pengertian Ilmu Budaya Dasar
Mata Kuliah Ilmu Budaya Dasar adalah salah satu mata kuliah
yang membicarakan tentang nilai-nilai, tentang kebudayaan, tentang
berbagai macam masalah yang dihadapi manusia dalam hidupnya
sehari-sehari. Hal ini perlu, karena dirasakan kekurangan pada sistem
Pendidikan kita, baik pada tingkat menengah, maupun pada tingkat
perguruan tinggi. Tanpa memungkiri banyak faktor-faktor lain yang
menyebabkan, salah satu yang penting adalah sistem pendidikan kita amat
sempit condong membuat manusia-manusia spesialis yang tidak berpandangan luas,
Para lulusan perguruan kita kurang mempunyai tempat yang sama untuk berpijak.
Mereka relatif terlalu mengesampingkan bidang- bidang yang lain, ini tidak
berarti, bahwa mereka harus campur bidang-bidang lain, tetapi agaknya keadaan
ini hanya membuat mereka seakan-akan buta akan bidang lain. Di sinilah
diharapkan kegunaan mata kuliah ini, agar lulusan perguruan tinggi kita dari
semua jurusan dapat mempunyai suatu kesamaan bahan pembicaraan. Adanya
kesamaan ini diharapkan agar interalisi antara intelektuil kita
lebih sering dengan akibat positif bagi pembangunan negara kita pada
umumnya dan perbaikan pendidikan pada khususnya. Diharapkan mata kuliah ini
dapat menjadi semacam “Lingua franca” bagi para akademisi dari berbagai
lapangan ilmiah, dengan memiliki suatu bekal yang sama ini diharapkan
agar para akademisi dapat lebih lancar komunikasi ini selanjutnya kan
memperlancar pula pelaksanaan pembangunan dalam berbagai bidang yang
ditangani selanjutnya akan ditangani oleh para cendekiawan dari berbagai
lapangan keahlian itu.tujuan
mahasiswa mempelajari IBD adalah untuk:
1.mengusahakan
kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya sehingga mereka akan dengan mudah
menyesuaikan diri terhadap lingkungan yg baru,
2.memperluas
pandangan mahasiswa tentang masalah kemanusiaan dan budaya agar mereka bisa
mencari jalan keluar dari permasalahan itu,
3.membentuk
figur mahasiswa yg cocok sebagai calon pemimpin,
4.
membentuk kebranian mahasiswa untuk berkomunikasi
Latar
Belakang dan Tujuan Ilmu Budaya Dasar
Latar
belakang diberikannya ISD adalah banyaknya kritik yang ditujukan pada sistem
pendidikan kita oleh sejumlah para cendikiawan, terutama sarjana pendidikan,
sosial dan kebudayaan. Mereka menganggap sistem pendidikan kita berbau
colonial, dan masih merupakan warisan sistem pendidikan Pemerintah Belanda,
yaitu kelanjutan ari politik balas budi yang dianjurkan oleh Conrad Theodhore
van Deventer. Sistem ini bertujuan menghasilkan tenaga-tenaga terampil untuk
menjadi “tukang-tukang” yang mengisi birokrasi mereka di bidang administrasi,
perdagangan, teknik dan keahlian lain, dengan tujuan ekspoitasi kekayaan
Negara.
Ternyata
sekarang masih dirasakan banyaknya tenaga ahli yang berpengetahuan keahlian
khusus dan mendalam, sehingga wawasannya sempit. Padahal sumbangan pemikiran
dan adanya komunikasi ilmiah antara disiplin ilmu diperlukan dalam memecahkan
berbagai masalah sosial masyarakat yang demikian kompleks.
1. Kemampuan
akademis; adalah kemampuan untuk berkomunikasi secara ilmiah, baik lisan maupun
tulisan, menguasai peralatan analisis, maupun berpikir logis, kritis,
sitematis, dan analitis, memiliki kemampuan konsepsional untuk mengidentifikasi
dan merumuskan masalah yang dihadapi, serta mampu menawarkan alternative
pemecahannya
2. Kemampuan professional; adalah kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan. Dengan kemampuan ini, para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang tinggi dalam bidang profesinya.
3. Kemampuan personal ; adalah kemampuan kepribadian. Dengan kemampuan ini para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan sehingga mampu menunjukkan sikap, dan tingkah laku, dan tindakan yang mencerminkan kepribadian Indonesia, memahami dan mengenal nilai-nilai keagamaan, kemasyarakatan, dan kenegaraan, serta memiliki pandangan yang luas dan kepekaan terhadap berbagai masalah yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia.
Ilmu Budaya Dasar Sebagai Bagian Dari Mata Kuliah Dasar Umum
Ilmu
Budaya Dasar merupakan salah satu komponen dari sejumlah mata kuliah dasar umum
(MKDU) yang mer upakan mata kuliah wajib disemua perguruan tinggi, baik yang
sifatnya eksakta maupun noneksakta. Secara khusus MKDU bertujuan untuk
menghasilkan warga negara sarjana yang berkualitas sebagai berikut:
1.Berjiwa
Pancasila sehingga segala keputusan serta tindakannya mencerminkan pengalaman
nilai-nilai Pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi,
yang mendahulukan ke pentingan nasional dan kemanusiaan sebagai sarjana
Indonesia.
2. Takwa
terhadap Tuhan Yang Maha Esa, bersikap dan bertindak sesuai dengan ajaran
agamanya, dan memiliki tenggang rasa terhadap pemeluk agama lain.
3. Memiliki
wawasan komprehensif dan pendekatan integral didalam menyikapi permasalahan
kehidupan baik sosial, ekonomi, politik, kebudayaan maupun
pertahanan keamanan.
4. Memiliki
wawasan budaya yang luas tentang kehidupan bermasyarakat dan secara
bersama-sama mampu berperan serta meningkatkan kualitasnya, maupun
lingkungan alamiah dan secara bersama-sama berperan serta didalam
pelestariannya.
Jadi
Pendidikan umum menitik beratkan pada usaha untuk mengembangkan
kepribadian mahasiswa , pada dasarnya berbeda dengan mata kuliah-mata kuliah
bantu yang bertujuan untuk menopang ke ahlian mahasiswa dalam disiplin
ilmunya. Demikian pula berbeda dengan pendidi kan keahlian yang bertujuan untuk
mengembangkan keahlian mahasiswa dalam bidang atau disiplin ilmunya.
Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar
Dua masalah pokok bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan
untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah IBD. Kedua masalah pokok itu
adalah : 1.Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah
kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan
budaya (the humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin)
didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai
disiplin dalam pengetahuan budaya, 2.Hakekat manusia yang satu atau
universal,tetapi yang beragam wujudannya di kebudayaan masing-masing jaman dan
tempat.
Menilik kedua pokok masalah yang bisa dikaji dalam mata
kuliah IBD, nampak dengan jelas bahwa manusia menempati posisi sentral dalam
pengkajian. Manusia tidak hanya sebagai obyek pengkajian.
Pokok-pokok bahasan yang dikembangkan adalah :
1.Manusia dan cinta kasih
2.Manusia dan Keindahan
3.Manusia dan Penderitaan
4.Manusia dan Keadilan
5.Manusia dan Pandangan hidup
6.Manusia dan tanggungjawab serta pengabdian
7.Manusia dan kegelisahan
8.Manusia dan harapan
Source :
http://rockydui.wordpress.com/2012/03/13/ibd-sebagai-salah-satu-mkdu/
http://doankfranky.blog.com/2011/01/13/1-isd-sebagai-salah-satu-mkdu/
http://kevinsupit.wordpress.com/2012/03/26/ilmu-budaya-dasar-sebagai-salah-satu-mkdu/
http://jefriudosetiawan.blogspot.com/2011/09/bd-ilmu-budaya-dasar-sebagai-salah-satu.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar