Renamon - Digimon Daigaku no Peeji: Valvrave The Liberator

Rabu, 22 Januari 2014

Valvrave The Liberator

Uhuk, ini memang bukan pertama kalinya gue nulis sesuatu tentang anime, tapi ini pertama kalinya gue nulis anime tentang mecha. Yep, Valvrave The Liberator, anime mecha buatan Sunrise yang udah terkenal dari seri Gundam ini baru sekitar sebulan yang lalu musim keduanya selesai mengudara di saluran TV Jepang. Dengan Okouchi Ichiro di bagian script-nya, membuat anime ini.. cukup nggggghhh buat gue. Here we go!


Setting Valvrave The Liberator berada pada dunia di masa depan, dimana manusia mulai membentuk koloni di luar angkasa, tapi sebagian kecil manusia tetap tinggal di bumi. Dunia tersebut dibagi menjadi 3 negara, yaitu ARUS, JIOR, dan Dorssia. ARUS / Atlantic Ring United States merupakan negara dengan perkembangan ekonomi yang pesat sehingga membuatnya menjadi negara besar, negara terbesar kedua adalah Kekaisaran Dorssia dengan kekuatan militernya yang sangat besar. Sedangkan JIOR / Japan and Island of Oceanian Republik adalah negara netral yang diam diam memiliki keunggulan dalam hal teknologi.
Anime ini berpusat pada Tokishima Haruto, seorang pemuda yang bersekolah di Akademi Sakimori yang berlokasi di Modul-77, salah satu modul milik JIOR. Haruto yang awalnya tidak suka perselisihan tiba tiba dihadapkan dengan perang melawan Kekaisaran Dorssia, ditambah lagi dengan anggapan bahwa Shoko, teman sejak kecil Haruto sekaligus gadis yang ia suka telah meninggal. Haruto pun menaiki Valvrave untuk membalaskan dendam Shoko pada tentara Dorssia. Dengan melepaskan statusnya sebagai 'manusia' akhirnya Haruto dapat mengendarai Valvrave.Namun tentu saja anime ini tidak hanya bercerita tentang itu saja, selengkapnya.. tonton sendiri :D

Pertanyaan dasar bagi calon pilot Valvrave


Ah, post ini mengandung beberapa spoiler, jadi bagi yang belum selesai menonton hati-hati ya bacanya :D

Informasi
Type: TV
Episode: 12
Status: Selesai
Aired: Season 1 : 12 April, 2013 hingga 28 Juni, 2013
Season 2 : 10 Oktober, 2013 HIngga 27 Desember, 2013
Producers: Sunrise, Aniplex, Aniplex of America
Genre: Action, Mecha
Durasi: 24 min. per episode
Rating: R - 17+

Character

Pilots

Tokishima Haruto : Tokoh utama yang tidak suka perselisihan dan cinta damai, yang pada awalnya ‘terpaksa’ menaiki Valvrave untuk membalaskan dendam kepada tentara Dorssia. Pilot pertama Valvrave. Unit yang dinaikinya adalah Unit-1 Hito






Rukino Saki : Seorang idol yang bersekolah di akademi Sakimori. Memliki masa lalu yang kelam dan berbagai kenangan pahit, tapi masa lalu itu tidak membuatnya menyerah untuk menjadi idol yang dikenal banyak orang. Rukino mengendarai Valvrave dengan alasan agar dapat menjadi terkenal dan menjadi pusat perhatian banyak orang. Unit yang dikendarainya adalah Unit-4 Hinowa yang diberi nama “Carmilla”


Yamada ‘Thunder’ Raizo : Preman akademi Sakimori yang mudah naik darah, meskipun kasar dan mudah marah, namun Yamada sangat menghargai persahabatan. Karena itulah ia mengendarai Valvrave, untuk membalaskan dendam temannya bernama Nobu yang tewas saat serangan Dorssia ke Modul-77. Unit yang dikendarainya adalah Unit-3 Hikaminari yang diberi nama Nobu Lightning yang berasal dari nama temannya dan julukannya sendiri.


Inuzuka Kyuuma : Kakak kelas Haruto yang senang menghitung uang ini awalnya tidak terlalu peduli dengan perang melawan Dorssia, tapi pada akhirnya dia mengendarai Valvrave untuk membalaskan dendam seseorang pula. Unit yang dikendarai Inuzuka adalah Unit-5 dengan nama resmi Hiuchiba yang kemudian diberi nama Beast High olehnya.



Spoiler Inuzuka:

Sakurai Aina adalah alasan Inuzuka mengendarai Valvrave, karena Aina tewas saat terjadi ledakan di hangar Valvrave. Inuzuka yang menyukai Aina tidak memiliki kesempatan untuk menyatakan perasaannya.



Akira Renbokoji : Adik dari Satomi Renbokoji sekaligus hacker jenius yang dapat membobol keamanan akademi Sakimori untuk mendapatkan soal ujian demi kakaknya. Setelah kejadian hacking itu terungkap Akira sering ditindas oleh teman temannya, maka dari itu Akira memilih untuk menjadi Hikikomori. Namun pada akhir cerita musim pertama Valvrave, Akira memilih untuk mengendarai Valvrave untuk menyelamatkan Shoko. Unit yang dikendarai Akira adalah Unit-6 Hiasobi.


Other Characters

Shoko Sashinami : Anak perdana menteri JIOR Ryuji Sashinami, gadis yang selalu ceria dan dapat diandalkan ini diam diam juga menyukai Haruto, sayang sekali Haruto tidak mengetahui hal itu. Shoko menjadi perdana menteri bagi akademi Sakimori yang menyatakan bahwa Modul-77 adalah sebuah negara netral yang tidak tergabung dalam ARUS maupun Dorssia.



Spoiler Shoko:
Di akhir cerita, Shoko menggantikan Haruto menjadi pilot Unit-1 karena Haruto tewas saat pertempuran terakhir melawan Cain.


L-Elf Karlstein : Anggota pasukan elit lulusan Organisasi Karlstein, nama aslinya adalah Michael, yang merupakan anggota keluarga kerajaan Dorssia. Namanya diubah menjadi L-Elf saat berada di Karlstein. Dijuluki sebagai “One Man Army” karena kekuatannya seorang dapat mengalahkan 1 pasukan musuh. Jenius dalam hal pertempuran dan peperangan. L-elf merupakan ‘korban’ gigitan Haruto yang menyebabkan dirinya dianggap pengkhianat oleh teman temannya.


Marie Nobi : Teman dekat Shoko yang selalu ada disamping Shoko, Marie hanya memiliki ingatan saat ia mulai bersekolah di akademi Sakimori, karena itulah dia ikut pergi ke Bumi untuk mencari kepingan ingatannya yang lain.






Spoiler Marie:
sebelum bersekolah di akademi Sakimori, Marie adalah Test Pilot Valvrave Unit-1, Marie diberhentikan dari tugasnya sebagai Test Pilot karena limiter Rune miliknya rusak sehingga ia tidak dapat mengatur Rune yang seharusnya ia gunakan untuk mengendarai Valvrave. Karena kehilangan terlalu banyak Rune itulah Marie hanya memiliki ingatan ketika mulai bersekolah di akademi Sakimori.

Valvrave Units

Valvrave I – Hito : Valvrave pertama yang muncul di anime ini. Warnanya didominasi oleh warna merah dan hitam. Menggunakan RAVE Engine yang disusupkan Magius untuk membuat pilotnya menjadi Magius sehingga tidak dapat mati. Di dalam User Interfacenya terdapat Magius bernama Pino. Tidak seperti unit Valvrave lain yang akan benar benar berhenti beroperasi setelah Heat-meternya menyentuh angka 100. Heat-meter Unit-1 akan terus bertambah sampai mencapai angka 666 dan mengeluarkan gerakan spesial bernama Harakiri Blade.


Valvrave III – Hikaminari : Valvrave dengan sepasang lengan tambahan yang dapat dipecah menjadi 8 lengan yang lebih kecil, spesialis jarak jauh dengan cannon di masing masing lengan tambahannya, namun gerakannya tidak buruk untuk pertempuran jarak dekat. Menggunakan Mirror RAVE Engine. Kekuatan Rune-nya berasal dari pilot Unit-1. Warnanya didominasi oleh warna kuning.


Valvrave IV – Hinowa : Valvrave dengan mobilitas tertinggi diantara Unit lainnya, bersenjatakan 2 buah bumerang, 3 pasang kaki di punggungnya berguna untuk menambah mobilitasnya untuk menghindari serangan musuh, spesialis serangan cepat dengan warna Unit hijau.


Valvrave V – Hiuchiba : Unit berwarna biru dengan sepasang perisai besar di bahunya ini merupakan spesialis pertahanan, namun tidak hanya perisai yang dapat diandalkan dari unit ini. Unit ini juga memiliki senjata seperti crossbow yang dapat menyerang banyak musuh sekaligus.


Valvrave VI – Hiasobi : Unit milik Akira berwarna ungu ini memiliki keahlian sama seperti Akira, dapat digunakan untuk meretas jaringan. Senjatanya adalah tongkat bernama Hummingbird yang berbentuk seperti kepala burung yang berguna sebagai ‘jalan masuk’ untuk mulai meretas benda yang disentuhnya.

Mungkin cuma ini yang bisa gue tulis sekarang, mungkin nanti bakal gue tambah bahasan tentang temam temen L-Elf dan Magius sekaligus Dewan 101

Referensi :
- http://myanimelist.net/anime/16668/Kakumeiki_Valvrave
- http://kakumeikivalvrave.wikia.com/wiki/Kakumeiki_Valvrave_Wiki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar